Empat Hari FORTASI di MBS Trenggalek: Tingkatkan Semangat dan Ke-Islaman Santri Baru

Santri Baru Putra MBS Trenggalek melaksanakan Praktik Ibadah/ foto: Naufal Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek sukses menyelenggar...

Santri Baru Putra MBS Trenggalek melaksanakan Praktik Ibadah/ foto: Naufal
Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek sukses menyelenggarakan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) untuk tahun pelajaran 2024/2025 pada Senin – Kamis (15-18 Juli 2024). Kegiatan yang diadakan selama empat hari ini bertujuan untuk memperkenalkan santri baru dengan lingkungan sekolah, sistem pembelajaran, dan nilai-nilai ke-Islaman yang dianut oleh MBS Trenggalek. Acara ini digelar di ruang kelas kampus putra Desa Ngulankulon, Pogalan untuk santri putra, dan ruang kelas kampus putri untuk santri putri.

Panitia dalam kegiatan ini terdiri dari pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) MBS Trenggalek yang dibantu oleh asatidz dan ustadzat MBS Trenggalek. FORTASI 2024 diikuti oleh 94 peserta yang terdiri dari 71 santri SMP dan 23 santri MA. Para peserta tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia.

Berbagai materi penting disampaikan dalam kegiatan ini, antara lain pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan kurikulum dan strategi belajar, dasar-dasar Islam, psikologi remaja, public speaking dan jurnalistik, penyuluhan kebersihan diri, kemuhammadiyahan, wawasan tentang narkoba, ke-Islaman, bahaya kenakalan remaja, pengenalan ekstrakurikuler tapak suci, ke-IPM-an/keorganisasian, dan peraturan baris-berbaris. Para pemateri diundang dari berbagai sumber yang kompeten di bidangnya, termasuk ustadz/ustadzah MBS Trenggalek, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Trenggalek, Puskesmas, Dinas Sosial, Pimda 96 Tapak Suci Trenggalek, dan PD IPM Kabupaten Trenggalek.

Ustadz Anang Wahid Cahyono sedang menjelaskan cara melaksakan ibadah praktis dan dasar-dasar Ke-Islaman/ foto: Naufal
Dalam salah satu sesi materi, Ustadz KH. Anang Wahid Cahyono, Lc., M.Hi., selaku Direktur Pondok Pesantren Modern MBS Trenggalek, menyampaikan tentang cara melaksanakan ibadah praktis dan dasar-dasar ke-Islaman. Beliau menekankan pentingnya melaksanakan sholat dengan baik dan benar sesuai ajaran Nabi Muhammad S.A.W. Selain memberikan materi, Ustadz Anang juga memberikan pembenaran terhadap bacaan sholat santri yang belum seragam dengan bacaan yang diajarkan di pondok pesantren.

"Hari ini Ustadz tidak akan mengajari kalian tentang bagaimana caranya sholat, tapi di sini Ustadz ingin melihat bagaimana cara kalian untuk sholat," ujar beliau kepada santri kelas 1. Dalam sesi ini, Ustadz Anang juga meminta para peserta untuk mempraktikkan tata cara sholat yang langsung dilihat dan dibenarkan oleh beliau. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para santri memahami dan melaksanakan sholat dengan benar.

Selain memberikan materi, kegiatan FORTASI juga diisi dengan berbagai aktivitas interaktif. IPM MBS Trenggalek menyelenggarakan sesi ice breaking yang disertai dengan doorprize untuk menjaga semangat peserta. Hal ini juga bertujuan memberikan apresiasi kepada peserta yang aktif bertanya kepada pemateri terkait materi yang disampaikan.

Pada salah satu momen, Ustadz Anang memberikan nasihat kepada para santri baru agar selalu betah di pondok pesantren dengan menaati dan menjalankan seluruh peraturan dan kegiatan yang ada. 

"Siapa yang tadi malam nangis? Acungkan tangannya!" tanya beliau sebelum memberikan pesan dan nasihat. Setelah menyampaikan nasihatnya, Ustadz Anang memberikan hadiah kepada salah satu santri baru yang mengacungkan tangan dan maju ke depan seluruh peserta Fortasi. 

"Setelah ini Ustad kasih hadiah, tapi jika kamu masih nangis lagi nanti malam, kamu, Ustad suruh kembalikan hadiah ini dua kali lipat, paham?" kata beliau dengan senyum, yang disambut tawa oleh para peserta.

Rangkaian kegiatan FORTASI ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Anang. Beliau berharap, melalui kegiatan ini, para santri baru dapat lebih mengenal lingkungan dan nilai-nilai yang ada di MBS Trenggalek, serta siap menjalani proses pembelajaran dengan semangat yang tinggi.

Kegiatan FORTASI tahun ini memberikan kesan mendalam bagi para peserta, baik dari segi materi yang disampaikan maupun interaksi yang terjadi selama kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal berharga bagi para santri dalam meniti perjalanan pendidikan mereka di MBS Trenggalek. [Tim Redaksi]


COMMENTS

Name

Aksi,73,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,26,Kajian,30,Prestasi,28,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Empat Hari FORTASI di MBS Trenggalek: Tingkatkan Semangat dan Ke-Islaman Santri Baru
Empat Hari FORTASI di MBS Trenggalek: Tingkatkan Semangat dan Ke-Islaman Santri Baru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1V6i3ap2MGrQkRSFsR3p_-jOiBwfyizBrUTQxozGbKTLMAeBotID9c5L-xCXMKcGMbj4GJq3I1istENjXFylpfXDgXAuflYZqzsSpJCmaWbnz_hREe4p8u70WdPhMNmdD5fJwszRAzhPkR8aqR8cD2jl-LkcqqCV53h_QDoMieTTOeR0TLtqGfu1bk2M/s16000/praktik%20sholat.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1V6i3ap2MGrQkRSFsR3p_-jOiBwfyizBrUTQxozGbKTLMAeBotID9c5L-xCXMKcGMbj4GJq3I1istENjXFylpfXDgXAuflYZqzsSpJCmaWbnz_hREe4p8u70WdPhMNmdD5fJwszRAzhPkR8aqR8cD2jl-LkcqqCV53h_QDoMieTTOeR0TLtqGfu1bk2M/s72-c/praktik%20sholat.png
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/07/empat-hari-fortasi-di-mbs-trenggalek.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/07/empat-hari-fortasi-di-mbs-trenggalek.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content