Aksi Bergizi di Pondok Putri Muhammadiyah Trenggalek: Sosialisasi dan Permainan untuk Tangani Anemia Remaja

Kegiatan Aksi Gizi dari Dinas Kesehatan dan Puskersmas Trenggalek/ foto: Candra Pondok Putri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek m...

Kegiatan Aksi Gizi dari Dinas Kesehatan dan Puskersmas Trenggalek/ foto: Candra

Pondok Putri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek menggelar kegiatan "Aksi Bergizi" yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dan Puskesmas Kabupaten Trenggalek. Acara yang berlangsung di mushola pondok putri ini diikuti oleh 40 santri putri dari SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek dan MA Muhammadiyah Trenggalek, pada hari Jum’at (9/8/24).

Pembukaan acara dipandu oleh Bapak Heri Cahyono dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, yang menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam menanggulangi anemia yang banyak dialami oleh remaja di wilayah tersebut. Berdasarkan hasil dari pemeriksaan sebelumnya, ditemukan 34 indikasi anemia di pondok ini, sehingga diperlukan tindakan lanjutan untuk mencegah kondisi ini semakin parah.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menanggulangi anemia. Kami berharap santri-santri di sini dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran yang diberikan," ujar Heri Cahyono.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Mujiarto, Wakil Kepala Kurikulum MBS Trenggalek, yang mewakili Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Mujiarto menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas atas dukungannya dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kesehatan adalah kunci untuk menjalankan semua aktivitas dengan semangat. Ketika kita sehat dan kuat, ibadah dan aktivitas lainnya akan terasa lebih ringan dan bernilai. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus terus berlanjut dan dijaga dengan baik," ungkap Mujiarto.

Agenda utama dari Aksi Bergizi hari ini adalah sosialisasi mengenai gizi seimbang dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengalami anemia. Materi ini disampaikan oleh tim kesehatan dengan cara yang menarik dan interaktif, agar mudah dipahami oleh para santri. Tidak hanya berupa penyampaian materi, sosialisasi ini juga dikemas dengan berbagai permainan yang dirancang untuk memperkuat pemahaman para santri tentang pentingnya gizi dan cara mencegah anemia.

"Melalui permainan yang menyenangkan, kami ingin santri-santri di sini tidak hanya mengerti secara teori, tetapi juga mampu menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari," jelas salah satu anggota tim kesehatan.

Siti Nasikah, S.KM., sedang memberikan arahan kepada Santriwati MBS Trenggalek/ foto: Candra

Siti Nasikah, S.KM., pengelola program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), juga memberikan sambutan dalam acara ini. Beliau menekankan pentingnya persiapan generasi muda untuk menghadapi bonus demografi, terutama dengan menjaga kesehatan sejak dini.

"Anak-anak remaja kita saat ini menghadapi tantangan besar, salah satunya adalah anemia. Jika kita tidak mempersiapkan mereka dengan baik, bonus demografi bisa berubah menjadi bencana demografi. Oleh karena itu, kita harus terus menggerakkan mereka untuk menjaga kesehatan, sehingga mereka bisa menggantikan kita di masa depan," ujarnya.

Acara Aksi Bergizi ini tidak hanya menjadi momen edukasi, tetapi juga diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi para santri dalam menjaga kesehatannya, terutama dalam menghadapi tantangan anemia yang dapat mengganggu aktivitas belajar dan ibadah mereka. Kegiatan ini juga menegaskan komitmen bersama untuk terus menjaga kesehatan generasi muda Trenggalek. (Tim Redaksi)

COMMENTS

Name

Aksi,77,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,26,Kajian,30,Prestasi,28,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Aksi Bergizi di Pondok Putri Muhammadiyah Trenggalek: Sosialisasi dan Permainan untuk Tangani Anemia Remaja
Aksi Bergizi di Pondok Putri Muhammadiyah Trenggalek: Sosialisasi dan Permainan untuk Tangani Anemia Remaja
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFQg0gMnFH2b1AmunKgDAd-Au8xcHi6xUHvWKKhxPKTFDkw_zSuJEhwX8O6sRGQ5ukrrFycFQjcyZfLEp7Yfbf0BLtGlCDRgLl88N7wHamfuZFM6PNQtE8FSRE6IqKxtU2ujXaI5ySkvnA80qiA5VRblPTwE7RT7Wrk-ncoAmzpLrS_dmb6F69eYVaWNE/s16000/kegiatan%20aksi%20bergizi.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFQg0gMnFH2b1AmunKgDAd-Au8xcHi6xUHvWKKhxPKTFDkw_zSuJEhwX8O6sRGQ5ukrrFycFQjcyZfLEp7Yfbf0BLtGlCDRgLl88N7wHamfuZFM6PNQtE8FSRE6IqKxtU2ujXaI5ySkvnA80qiA5VRblPTwE7RT7Wrk-ncoAmzpLrS_dmb6F69eYVaWNE/s72-c/kegiatan%20aksi%20bergizi.png
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/08/aksi-bergizi-di-pondok-putri.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/08/aksi-bergizi-di-pondok-putri.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content